RPM 

Penandatanganan MoU Program Rumah Pintar Masyarakat BAZMA RU II Dumai & LAZ Swadaya Ummah Pekanbaru

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi hari ini berkembang semakin cepat. Perkembangan tersebut harus dapat dimainkan oleh masyarakat untuk meningkatkan kapasitas masyarakat di berbagai sektor. Oleh karenaya, dibutuhkan sektor pendidikan dan pelatihan, sektor kewirausahaan dan kepemimpinan, sektor pemberdayaan potensi desa dan tetap mempertahankan nilai-nilai kebangsaaan bangsa Indonesia serta keIslaman.Maka pada senin tanggal 04 April 2011 bertempat di Gedung Reliability Pertamina, telah di adakan penandatangan MoU Program Rumah Pintar Masyarakat (RPM) antara BAZMA RU II Dumai dengan LAZ Swadaya Ummah Pekanbaru yang masing-masing diwakili oleh Pimpinan lembaga, yaitu H. Burhanuddin ( Ketua BAZMA RU II Dumai) & Dwi Purwanto (Direktur Eksekutif LAZ Swadaya Ummah).
Program Rumah Pintar Masyarakat (RPM) bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia khususnya bagi mustahik. Program ini lahir sebagai institusi pendidikan non formal di tengah masyarakat. Rumah Pintar Masyarakat (RPM) di rilis sebagai jawaban dari kesenjangan pendidikan, sosial dan ekonomi masyarakat mustahik. Rencananya program ini akan hadir pada setiap kecamatan yang ada di Kota Dumai, masing-masing satu RPM. Kegiatan Rumah Pintar Masyarakat (RPM) diantaranya adalah pendidikan dan pelatihan yang diperlukan masyarakat, pelatihan kewirausahaan, mendorong terbentuk Usaha-usaha kecil pedesaan, pelatihan kepemimpinan bagi pemuda dan remaja, kursus-kursus life skill seperti di bidang agrobisnis dan advertising, serta pengenalan lT bagi masyarakat.
Sehingga dari kegiatan tersebut tergambar, bahwa Rumah Pintar Masyarakat (RPM) terdiri dari satu rumah yang didalamnya terdapat media-media pembelajaran dan pelatihan seperti Pustaka Mini, labor mini komputer, ruang-ruang kursus/pelatihan, seperti menjahit, lT, Advertising, desain grafis, pelatihan-pelatihan agro, dan lain sebagainya.
Dengan demikian Rumah Pintar Masyarakat (RPM) menjadi pusat pengembangan sumberdaya manusia di pedesaan, yang bertujuan mewujudkan masyarakat mandiri, beredukasi dan selalu menjunjung nilai-nilai kemanusiaan.

FacebookTwitterGoogle+Bagikan

Mungkin Anda Menyukai

Tinggalkan Balasan